Minggu, 07 November 2010

Consumer Behavior [Kuliah tanggal 2 November 2010]


Kuliah oleh : Chairy
Tanggal : 2 November 2010


* Sikap adalah : cara seseorang menanggapi atau memikirkan mengenai sesuatu.
    Contoh : Kita menaiki taxi adalah behavior atau tingkah laku, namun ketika kita menyikapi perlakuan taxi tersebut kepada kita, antara bagus atau tidak, itu baru namanya sikap.

* Reciprocity : timbal balik. "apabila ingin disayang, maka sayangilah orang".

* Scarity : sesuatu yang langka bisa menjadi lebih berharga (sengaja dibuat langka = artificial scarity)
    Contoh : Ketika orang melihat Harley Davidson, orang langsung melihat itu sebagai barang langka karena kemahalannya. Dan juga bahwa barang tersebut hanya dibuat beberapa unit saja menjadikan barang tersebut dinilai jauh lebih berharga.

* Authority : otoritas yang menyampaikan pesan.

* Consistency

* Liking : setuju dengan orang yang kita suka
    Contoh : ketika kita ditawari barang oleh SPG yang tampan atau cantik, otomatis kita jadi tertarik melihat barangnya dan kemungkinan membeli.

* Consensus : mengikuti apa yang sudah dilakukanoleh orang terdahulu sebelum kita.
    Contoh : dalam sumbangan, seringkali orang yang pertama menyumbang dipilih yang menyumbang dalam jumlah besar, agar kita terpengaruh untuk setidaknya menyumbang dengan jumlah yang sama atau lebih dari orang yang menyumbang sebelum kita

* Elemen komunikasi :
    1. Message Initiator / the sender
        -dalam iklan memakai ahli / expert -> untuk memasarkan produk-produk yang beresiko tinggi
        -dalam ikaln memakai selebriti -> untuk memasarkan high social risk product
        -dalam iklan memakai siapa saja -> bisa memasarkan everyday product
        -2 karakteristik source yang penting adalah : krtedibilitas dan daya tarik
        -harus bisa match antara spokesperson dan endorsers
        -jangan memakai sembarang selebriti untuk memasarkan produk
        -kredibilitas pesan tergantung dari sumber yang berbicara
        -bias sumber dibagi menjadi 2 : knowledge bias (pengetahuan sumber mengenai topic tidak akurat) dan reporting bias (mengetahui dan bisa memberitahu alasan mengapa produk yang ditawarkan bagus)

   
2. Medium

    3. Message
        -Hype vs Buzz : Hype adalah propaganda dan Buzz adalah efek dari mulut ke mulut mengenai informasi yang diberikan
        -The corporate paradoks adalah semakin banyak propaganda yang dimainkan, semakin kostumer susah mempercayai yang ada
        -Mengulang iklan dalam sehari seperti pedang bermata bandar, orang bisa menyukai, dan bisa tidak menyukai
        -Three hit theory adalah iklan yang diulang 3 kali dalam satu kali pemunculan
        -One vs Twosided messages : One message adalah memberikan informasi manfaat dari produk, sedangkan two sided message adalah memberikan bad and good points dari produk yang ditawarkan
        -Comparative advertising diluar negeri lebih dibebaskan daripada di Indonesia, namun comparative advertising ini membutuhkan data fakta yang jelas adanya dan boleh menyebutkan produk
        -Kebanyakan comparative advertising tidak memunculkan gambar atau fisik dari produk yang dibanding-bandingkan
        -Framing message ada 2 : Positive (berupa manfaat dari produk) dan Negative (dimana sisi negatif akan muncul kalau tidak memakai produk yang disebutkan)

    4. Target audience / the receiver


    5. Feedback

* Etika menyampaikan pesan :
    - Konsumer punya pilihan-pilihan untuk mengontrol proses message
    - Lebih sukses memasarkan apabila konsumer sudah memperbolehkan

* Macam-macam appeal costumer : 1. Emotional appeal
                2. Rational
                3. Sexual appeal
                4. Humorous appeal
                5. Fear appeal


Analisis saya :
Didalam pengembangannya, customer behavior bisa berarti banyak, dalam pelaksanaannya, cara menangani dan mengerti kemauan customer tentu berbeda-beda dan disini dijelaskan dengan detail bagaimana cara yang baik dan benar dalam menarik customer agar mau membeli produk yang ditawarkan. Tidak hanya itu saja, banyaknya kendala didalam ijin dan persaingan antar produsen turut memberatkan produsen yang ingin menarik customer untuk bisa mengexpand cara menarik customer lagi dan lagi, dan karena itulah dibutuhkan cara menangani customer behavior ini.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

2ne1