Sabtu, 20 November 2010

Relaunch MNCtv [Kuliah tanggal 16 November 2010]

Kuliah oleh : Pak Reza dan partner
Tanggal : 16 November 2010


* TPI berubah menjadi MNCtv yang merupakan rebranding logo dan merek (atau disebut oleh TPI, relaunch)

* TPI didirikan oleh 23 Januari 1999, tapi uda tidak sesuai pembuatan aturannya, karena pada tahun 1997, Pemerintah mengadakan 3 aturan yang harus mulai disesuaikan dengan eksistensi TPI.

* Penggantian logo sudah terjadi 4 kali, namun tidak ada penambahan iklan.

* TPI tadinya disamakan dengan stasiun untuk ordinary person dikarenakan image pendidikan yang kuat (berdasarkan survey), dan TransTV dianggap sebagai stasiun trendsetter.

* TPI pada saat tahun 1997 image pendidikan hanya menjadi brand saja.

* Lalu TPI mulai mengadakan perubahan menyeluruh, termasuk kebudayaan TV tersebut.
- dibuat panduan untuk masing-masing karyawan
- dibuat surat keputusan relaunch
- bersama-sama dengan bagian penjualan dan marketing, melihat aspek pemirsa

* Lalu TPI pun berubah logo namun perlu didaftarkan ke MenHunkam agar ijin untuk menggunakan logo tersebut tidak sembarangan dipakai.

* Ada 3 hal penting yang ingin disampaikan MNCtv dengan merubah logonya :
1. Simple
2. Modern
3. Kokoh

* MNCtv tidak menunjuk konsultan Merek dan Logo untuk membantu perubahan brand ini karena mereka pernah menunjuk konsultan untuk merubah konsep TPI, namun tidak berhasil karena orang tersebut tidak mengetahui seluk beluk perusahaan, maka dari itu perubahan yangs ekarang pun dilakukan dengan sayembara.

* Dengan dilakukannya proses relaunch diharapkan :
- Lebih menarik pengiklan
- Lebih innovative
- Update
- Mengutamakan konten lokal
- Tetap fokus terhadap religi, komedi dan musik
- SES BCD

* Brand personality : simple, luxury-elegant-expensive, sedikit bright dan playful, adventure dan modern.

* Dari 120 design yang dikasih oleh 20 designer, lambang inilah yang dipilih :


* Guna meraih penonton dari segala faktir, 2 garis biru dan merah ditambahkan. Karena yang jadi masalah penting selama ini dari TPI adalah penempatan image yang sudah terlalu melekat di pemirsa.


Analisis saya :
Sebenarnya di dalam perkembangannya, TPI sudah bisa dikategorikan sukses karena sanggup menanam konsep dan image TPI didalam pikiran masyarakat. Perubahan TPI menjadi MNCtv yanng sekarang sudah mulai diterima di masyarakat. Tanpa mengetahui alasan diubah, masyarakat mulai tertarik dengan perubahan TPI ini. Seperti diungkapkan Yuliani, ibu rumah tangga, perubahan TPI ini tadinya dianggap menghilang, namun melihat MNCtv dengan format yang sama namun lebih modern, menjadikan TPI lebih menarik dengan nama MNCtv.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

2ne1