Sabtu, 30 Oktober 2010

Studi Iklan [Kuliah tanggal 25 October 2010]


Kuliah oleh : Endah Muwarni
Tanggal : 25 October 2010

* Tadinya susu terfokus penggunaannya pada anak-anak, namun dengan adanya iklan, konsumer diminta merubah pandangan bahwa susu juga berguna untuk orang dewasa (perubahan pola pikir)

* Iklan tidak sekedar menjual produk, tapi juga membuat realitas

* Iklan ada dimana-mana, pengiklan seolah tidak akan melewatkan sejengkal tempat dan waktu untuk beriklan

* Tidak hanya visualisasi kualitas dan atribut dari produk yang dijual, namun juga membuat sifat dan produk tersebut punya arti bagi kita

* Iklan adalah image tentang "arti tertentu yang diperoleh" ketika orang menggunakan produk tersebut. Proses ini disebut using product as currency oleh Williamson (1978 : 20)

* Pollay membagi fungsi komunikasi menjadi dua :

1. Fungsi informasional -iklan memberi tahu tentang karakteristik produk

2. Fungsi transformasional -iklan berusaha untuk mengubah sikap-sikap yang dimiliki konsumen

* Baudrillard : iklan adalah bagian sebuah fenomena sosial bernama Consumer Society

* Baudrillard : iklan adalah bentuk dari sign system

* Barthes : iklan dilihat sebagai signs

* Pesan diterima khalayak tergantung pada pemakaian produk tersebut.


Analisis saya :

Pemakaian iklan dan bagaimana dipublish ternyata bisa membentuk sebuah pola pikir di otak konsumer
khususnya yang biasa terbentuk atau mengikuti perkembangan sosialisasi. Dimana pola pikir sangat
ditentukan dari besar-kecilnya pengaruh iklan. Dan iklan otomatis mempengaruhi jalan pemikiran demi
mencapai satu tujuan, yaitu mendapatkan profit sebesar-besarnya demi perusahaan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

2ne1